Saturday, July 19, 2008

Istanbul-Bursa, Turkiye! Part 1

barusan liat blognya mbak trinity (penulis "Naked Traveler"); dia cerita baru dapet visa dari kedutaan turki... wah... mengingatkan saya akan perjalanan dua tahun lalu ke TURKI!!!

hampir dua minggu saya di turki, it was summer, and it was amazing... Istanbul- Bursa kota tujuan kami... oh iya, mungkin difoto-foto kali ini saya aga senonoh, hehehe... dikarenakan belom memakai jilbab, hehehe

sempet transit di Malaysia karena menggunakan pesawat malaysian Airlines, kami toh tetep aja pegel-pegel alias jet lag bgt cz sekitar 12 jam perjalanan kuala lumpur-istanbul. kerjaannya di pesawat ngeliatin petaa di layar di depan kursi; sudah sampai manakah pesawat kami.... ga lupa baca ayat-ayat cinta, hahaha... jauh sebelum filmnya diputar tentu saja. terus dag-dig-dug takut kena roket nyasar; cz jaman2nya perang hizbullah. Pesawat kami melewati langit Lebanon soalnya, hehehe...

nyampe disana... O may God masi jam 3 sore, padahal dari kuala lumpur jam 8 an, n dipesawat udah seharian. damned! saya mengutuk perbedaan waktu 4 jam KL-istanbul... nama bandaranya Attaturk, diambil dari bapak turki, Mustafa Kemal Attaturk. Hmmm... I prefer Soekarno-Hatta lah; lebih cozy; sumpah! hehehe....


disana kami dijemput Pak Omer dan Istrinya Fatma abla, dengan sopir Ferhat Abi. Abla sendiri artinya kakak perempuan, sedangkan abi kakak laki-laki dalam bahasa turki.. kami di bawa ke sebuah hotel di Istanbul, hehehe... Namanya Otel Fuar. hotelnyah biasa aja, malah tadinya saya kira itu ruko, hahaha. sumpah belom pernah nemu hotel (bukan penginapan) terjepit diantara ruko-ruko yang jual buah, karpet, dll... hihihi... this's Europe, seadanya, ga kaya negara kita yang super-duper luas, Most of hotel malah ada kolam renangnya; ya kan?? ini hotel lantainya sampe lima, tapi ga da liftnya; kebayang-kan gotong2 koper ke lantai-at least- lantai tiga? hehehe...

jam sholat disini bergantung sama matahari (Ya iYaLah!!) maksudnya, dikarenakan lagi summer, matahari bisa terbenam alias maghrib jam 9 malem n isyanya jam 11, sedangkan shubuh tetep kayak biasa. siang jauuuh lebih panjang dibanding malem, jadi yaa... kita tidur-tidur ayam aja disana nah, hari pertama istirahat, memanjakan punggung, terus diajak makan di pinggir restoran deket laut hitam. wanna ask about turkish culinary?? jangan deh...
wahahahaha.... selain kebab yang saya doyan sangat, hanya beberapa masakan turki yang cocok dilidah, apalagi kalo ketemu yang namanya DOLMA! don't try it kalo ga mau mukanya berubah eneg, hehehehe...

yang saya perhatikan setiap makan, orang turki pasti membubuhkan yoghurt dengan fungsi seperti sambel pada makanan indonesia; MY GOD... Plain Yoghurt!! bahkan mereka membuat minuman musim panas yang komposisinya air, garam, dan plain yoghurt, namanya ayran. Kebayang rasanya??? wahahaha. minuman populer asal turki ini disebut ayran dan udah banyak dikemas dalam berbagai merek!! jadi jangan bilang air kalo mo beli aqua di Turki, bilang aja SU (mineral water), nanti dikasih ayran lagi, hehehe... kalo doyan si gapapapa...
terus orang turki itu biasa minum soda pagi, siang, malem... orange juice mereka juga bersoda lho... Pantesan perutnya buncit2! Hehehe.... *No Offense*

next day, kita jalan-jalan pagi liat-liat baju dipinggir jalan,pedagangnya galak-galak, ga boleh nyentuh barang2nya kalo ga beli, payah... kami terus jalan ke Yarebatan Sarnici, sebuah bangunan waduk yang ada di dalam tanah, biar dikata bendungan, arsitekturnya udah kaya istana, keren paraaah, terus semakin turun ke dalam semakin gelap, dan guess what di bawah salah satu pilarnya ada ukiran patung Medusa!! *ngeri jadi batu tiba-tiba*

Selanjutnya masuk ke Topkapi palace, ngeliat peninggalan para nabi, dari mulai gigi Rasulullah, pedang Sulaiman, dan lain sebagainya. Istana Topkapi ini (baca: Topkape) luaas banget, terus dibelakang halamannya langsung berhadapan dengan selat Bosphorus, aiiih Istanbul emang kota sejuta arsitektur dan pesona laut

abis itu kami makan siang di restoran depan istana topkapi, makan kebaaab, dan lanjut nyebrangin jembatan Galata menuju Dolmabahce Palace, Istana Dolmabahce ini terletak di distrik Besiktas dari Istanbul, dulunya sebagai pusat administrasi pada eranya Ottoman dari tahun 1856 sampai 1922. Di dolmabahce kami masuk harus pake plastik, jadi sepatunya kami bungkus plastik merah, keren juga, hehehe.... Pas lagi kita disana halaman istananya dibuat tempat resepsi nikah. That was the most amazing wedding i've ever seen! MY GOD, Dolmabahce tuh tepat dipinggir selat bosphorus, gerbang sampingnya dibuka langsung laut loh, udah gitu itu tuh istana... huaaaaaaaaaaaaaa.... siapa yang mo ngelamar saya disana?? hehehe... Isi dari Istana itu sendiri ya bener-bener istana dari tempat tidur, sampe hamam (tempat mandi), cuma lebih megah daripada istana merdeka, hayooo siapa belum pernah masuk istana merdeka? hehe... abis itu sepulangnya dari dolmabahce, kami balik menyebrangi Galata, ke rumah Buraq dan dijamu dinner lah kami :D


besoknya, jam empat pagi kami dibangunin fatma abla, mobil ferhat abi sudah menunggu dan kami subuhan di masjid biru, (Blue Mosque)hehehe... keren abis tuh mesjid, sungguh... sayang disekitar situ masih banyak pengemis ibu-ibu yang ujug-ujug ngikutin kita kemana kita pergi, hadeh. abis sholat kita sarapan di kafe deket situ.. disini kafe ini cewe n cowo dipisah booo... agak aneh ya, secara turki merupakan negara yang sangat liberal walaupun mayoritas penduduknya adalah muslim.

Setelah sarapan, kami berkunjung ke miniaturk, miniaturnya turki, jadi tempatnya kaya taman mini yang menggambarkan Indonesia dalam pulau-pulau kecil di danau Taman Mini, kalo disini dia menggambarkan negara Turki lengljap dengan bangunan-bangunan yang ada di atasnya, misal ada olympic stadion atau jembatan Galata juga dibuat miniaturnya sesuai dengan letaknya. setelah puas muterin Miniaturk, kami belanja suvenir, dan yang pasti Snow Globe! horeee... setelahnya kita naik ferry boat mengarungi selat bosphorus bersama. pulangnya o MY GOD, aku demam, hehehe.... gara-gara angin selat bosphorus kayaknya...

...To Be Continued...



Otel Fuar

City of Istanbul

Pintu masuk Yarebatan Sarnici

inside yarebatan

Patung Medusa



Lorong di Topkapi Palace

Bagian dari Topkapi yang menghadap langsung selat Bosphorus

sultanahmet

pintu gerbang Istana Dolmabahce

ngegodain penjaga istana ;p

sepatu + plastik merah sebelum masuk istana

persiapan wedding reception di istana dolmabahce

subuhan di Blue Mosque

anak-anak turki

feeding birds

cruising along Marmara sea and Bosphorus street

penjara di istanbul


saya di daratan Asia dengan background daratan Eropa dan bendera Turki melambai-lambai

2 comments:

Budi Prayoga said...

turki ya..
emm..kota yang asik banget tu.
aku lupa kapan ya terakhir ke turki.
duh lupa ni,,

Dodi Mulyana said...

Salam kenal Frida,

Kami dari forum deBlogger, komunitas bloggernya orang Depok ingin mengajak semua blogger Depok untuk bergabung dengan komunitas ini.

Kita ingin bangun sebuah komunitas cyber Depok yang up to date terhadap Digital Life. Rencananya kita akan grand launching di bulai Mei 2009 dengan mengundang blogger-blogger terkenal. Moga-moga aja temans bisa ambil bagian di acara ini :D

Join us dengan mengisi form di Daftar Deblogger
dan untuk ngobrol di Forum Deblogger

Terima kasih,
Rumah deBlogger