Thursday, October 06, 2011

Seoul - Soul of Asia PART 1

Karena lagi demam Korea-an baik film maupun musik, sekarang ini saya pengen berbagi cerita mengenai South Korea, yipppiiieee!! siapa tidak sabar menanti? :D
Sebenernya uda dari dulu pengen nulis tentang Seoul, South Korea, terutama pengalaman yang super menyenangkan selama 6 hari di sana, tapi karena MALAAAASSS... saya malah nulis hal-hal yang terjadi belakangan ini, padahal di Seoul adalah Kongres APDSA (Asia Pacific Dental Students' Association) kedua (setelah Kuala Lumpur) dari tiga kongres APDSA saya (satu lagi Taipei) yang paling menyenangkan!

Kita mulai dari pengurusan Visa,,, ga susah secara di koordinir sama kak cherry, tinggal ngumpulin paspor, bukti booking tiket sama ngeliatin uang tabugan, selesaaaiii,,, sayangnya foto saya ga oke di visa korea selatan ini, huh... oiya untuk flight; saya-kak cherry-irene-afri milih rute penerbangan Jakarta-Hongkong-Seoul-Hongkong-Jakarta pake Cathay Pacific, sedikit berbeda dengan rombongan lain dari UI yang pake Garuda Indonesia dengan rute Jakarta-Denpasar-Seoul-Denpasar-Jakarta, gara2nya kami berempat 'diundang' anak UNAIR buat nginep di Flat mereka di HK, ga diundang juga siii, diajakin maiin tepatnya, hahaha....

Singkat kata di bandara Incheon udah lewat subuh, kami lupa kalo jam di Korea maju 2 jam, haiissshh, lari2 deh cari tempat sholat, sambil nelponin anak dari Wongkwang University yang jemput supaya gak ditinggal, haha... sampe di hotel di daerah Seoul: Seoul Olympic Parktel jam 9an, pengen langsung istirahaat, eeh... malah ada aja tragedi kunci koper ilang, alhasil saya menggeret2 koper turun ke resepsionis buat dijebol gemboknya, --__--

Setelah itu, pengen langsung istirahat lagi, eh tapi keinginan untuk jalan2 lebih besar, jadilah kami dengan sotoynya ambil peta dari hotel, yang hurupnya kriting2 semua, dan bersiap2 berpetualang di negara yang mayoritas penduduknya GAK BISA bahasa Inggris, hehe.... kami punya waktu sampe acara cocktail party malemnya sebagai pembukaan APDSA
Lanjut deh tanya2 tempat populer di sini,,, kata orang hotel ke Dong Dae Mun aja, oh saya tau dari TV itu tempat jual baju murah! hahaha... ga rugi emang nonton drama Korea :D

Kami jalan menuju subway terdekat, eh ga lupa foto2 :D ternyata di sebelah hotel kami itu ada stadion olympic yang pernah di buat olimpiade Seoul, lupa tapinya kapan, hehe... langsung deeh jepret2 di jalanan :D

di stasiun subway, karena peta kita masih hurup korea semua, *membaca saja sulit* kita sungguh bingung, celingukan kanan-kiri, ko ga nemu hurup latin sama sekali yaa, nalo-nalo... masa balik lagi, hihihi... cupu berat... eh ternyata ada ibu2 baik hati yang mendatangi kami, niatnya mau bantu, tapi bahkan dia ga ngerti apa yang kita tanya dan ga ngerti juga gimana ngejelasinnya ke kita; malah ibu2 itu nyari bantuan lagi,,, hopeless, karena udah 2 orang yang berusaha ngomong sama kita ga nyambung sama sekali, ibu2 dan orang yang dipanggilnya itu akhirnya minta maaf dan meninggalkan kita, hahaha.... ga papa kok bu, yang penting niatnya membantu kami :D Masalah selesai dengan kita menemukan huruf latin di balik beberapa plang di stasiun itu, dan menemukan pusat informasi, akhirnya kamipun menuju dong dae mun

sampe dong dae mun, hwaaaahhh pakaian semuaa,,, orang korea ini sungguh fashionable, suka banget sama semua gaya busananya, tapi ceritanya ini kan bulan agustus, lagi summer, jadi bajunya pendek2,, sukaaa bangett, tapi walo orang hotel bilangnya murah2, tetep aja mahal buat ukuran dompet, dan mungkin tau karena kami orang asing jadi ga dikasi murah, padahal kami kan hanya mahasiswa :'( gak beli baju karena berpikir masih hari pertama di Seoul, akhirnya kami cari makan,,, muter-muter-muter cari makanan halal disini emang susah yaa, setiap tempat nanya pasti ada porknya, hiks... akhirnya nemu tempat bibimbab, setelah dipastikan tidak mengandung Babi, akhirnya makanlah bibimbab! yeay! abis itu kami pulang siap2 cocktail party di halaman hotel

Remaja-remaja Korea emang terobsesi dengan street dance, gak heran 3 kali APDSA, kami disuguhin street dance performance di atas panggung, begitu juga dengan opening APDSA kali ini lagi2 kami melihat temen2 dari Wonkwang University nari2 di atas panggung, sampe ngeri ngeliatnya ketika mereka berputar dengan kepala mereka sebagai porosnya... di opening ini saya kedapetan sekelompok sama orang2 Indonesia, Malaysia, Korea, Jepang, Taiwan, dan Thailand dengan pemandu cewe Korea yang super cute, namanya Kim Eun Hyeong, nama Inggrisnya Jennifer :D

oiya sekedar pengakuan di acara cocktail party ini saya makan sushi, sushi looooh,,, yang akan saya sesali selanjutnya, karena si Eun Hyeong baru bilang beberapa hari kemudian kalo itu ada ham babinya *&^%#$? yasudahlah...
di cocktail party ini saya sukses bikin temen korea saya Park Su Ho dan si Eric (lupa nama koreanya siapa) yang sebelumnya ketemu di Malaysia kaget karena pake jilbab, hahaha... si Eric malah nanyaaaiiin mulu masalah jilbab ini, hihi... yang saya bingung adalah si Su Ho ini pas ketemu saya di KL ngaku nama inggrisnya Seven, setaon kemudian dia rubah nama Inggrisnya jadi Honey, halaaaaah.... labil kali cowo ini, haha... padahal bagusan seven kan :D

Hari pertama berakhir dengan pesta kembang api setelah acara cocktail party, walopun malam super panas dan pengap karena lagi summer, saya sangat bersemangat mengisi 5 hari di Seoul lagi :D

Keesokan harinya acara diisi dengan seminar kedokteran gigi, sekaligus promosi Seoul, haha... bisa aja nih profesor-profesor Korea menyisipkan gambar-gambar piala dunia 2002 di dalam slide kedokteran giginya, hihihi.... gapapalah, kalo soal bola saya memang nomer satu, lebih cepat paham dibandingkan kedokteran gigi :D
Selesai seminar kedokteran gigi yang sungguh sangat menarik topiknya tentang bedah mulut, alat endodontik, bite mark, dan lainnya kami siap untuk tur kelompok, yeaayyy,,, city tour keliling Seoul sampe malaaaaaammmm!

Yang lucu dari APDSA Seoul ini, kami ga dikasih bus buat pergi2, ga dirinci juga bakal makan dimana, tapi kami di kasi tiket subway plus uang buat makan, jadi teerserah mau makan dimana... sungguh petualangan di Seoul, menyenangkan!!
Pertama kita pergi ke Gyeongbokgung alias Istana Gyeongbok yang dibuat syuting Sassy Girl Chun Yang!!!! ihiiiiy, di sana kami liat upacara dari prajurit2 korea ini, terus muter2 istana, istana sebenernya super luas, tapi ada tempat yang gak boleh kita masukin :( dan kita ga bisa masuk ruangan2nya, jadi kita muter2 semua bagian istana yang boleh dilewatin aja,, itu aja udah super besaaarr, dan foto2! itu yang penting :D oiya istana ini kerennya ada di tengah kota Seoul, dia masih berdiri dengan megahnya ala bangunan tradisional Korea, padahal sekelilingnya gedung- gedung bertingkat super tinggi

dari Gyeongbokgung kita jalan (hari ini bener2 jalan, jalan, dan jalan) ke .... (lupa nama tempatnya) hahaha... pokonya di tempat ini kita makan,,, saya yang udah kelaperan berat, memohon sama EunHyeong supaya dipesenin yang free pork, tapi bahkan si eun hyeong yang mengerti bahasa Inggris aja sulit cari menu yang free pork, mau nangis aja rasanya di jalan, *mama sayaa lapaaaar* saking kasiannya sama saya eun hyeong minta dibikinin nasi goreng yang bener2 hambar (menurut saya), mungkin dia bilang, ga perlu di kasih apa2,,, sedangkan satu kelompok saya termasuk orang indonesia dan malaysia yang kebetulan keturunan chinese makan dengan nikmatnya *kejaaaaam*

Si Eun Hyeong ini beneran kasian sama saya, akhirnya dia pesen sushi *yang persis sama dengan pas yang di cocktail party* saya udah semangat mau makan,, ternyata sushinya diambil sama Eun Hyeong terus dipisah2in gitu, jadi ceritanya ada isinya kotak di dalemnya, dan kata Eun Hyeong itu ham babi (yang akhirnya baru saya ketahui itu babi), si Eun Hyeong ini dengan semangatnya misahin kotak2 kecil ham babi dari sushi ini dan setelahnya dia nyuruh saya makan sushinya, setelah menjelaskan kalo yang dia pisahin itu adalah babi,,, *tambah pengen nangis*; ga tega ngeliat kebaikan hati Eun Hyeong di satu sisi di sisi lain mana bisa saya makan yang ada 'bekas' ham babinya begitu, hahaha... Menurut kamu saya makan ato tidak?? hayooo coba jawab sendiri yaa? hahaha

ending hari itu, kami disuruh milih pergi ke menara Seoul atau River Cruise di Sungai Han? Jelas river cruise di Hangang laaaah yaaa; malam hari naik kapal di tengah warna-warni lampu jembatan yang membentang menyatukan daratan Hangang itu sumpah romantis abis, coba waktu itu saya punya pacar yang bisa diseret2 ke Seoul, hahaha... gapapalah sama teman juga tetep keren kok, walopun belakangan ini saya baru ngeh saya melewatkan menara Seoul yang buat syuting Boys Before Flower, gapapalah... Hangang adalah tempat paling romantis di Seoul :D

nah setelah cruising along Hangang, kami berkumpul di Hangang Park, sepertinya ada yang abis konser di sana, dipimpin President Local Organizing Committee APDSA Seoul yang super ganteng, Park Yong Chan :D kami menikmati kembang api gratisan di Hangang Park!! Seriously unforgettable :D pulang2 ke hotel baru ngeh banyak serbuk mesiu kembang api di kepala, haiaaahhh


.... to be continued....Makan Bibimbab di Dong Dae Mun

UI, UNPAD, bersama Prof Loh dari National University o Singapore (NUS) dan DR. Tokiko (eeh apa Tomoko yaa? pokoknya dari Jepang)

Gerbang Gyeongbokgung
Upacara setiap beberapa jam sekali oleh prajurit Gyeongbokgung

Soul Mate Satu Kelompok: Yuka Jo (Jepang) dan Phatchanan Rakkitsiri (Thailand)

Yang Merah: EunHyeong dan piringnya, berusaha memisahkan ham dari sushi --__--

cruising along Hangang





No comments: