Istanbul-Bursa, Turkiye! Part 2

.... lanjutan dari blog saya beberapa tahun lalu, hahaha

sampe mana yaah, oiya sampe saya demam di istanbul setelah naik kapal, haha... tepat hari ketiga kalo ga salah, saya benar2 tepar di Turki, demam tinggi dan mata pedes banget rasanya, mungkin jet lag yaa, tapi disamping itu Turki yang lagi summer emang panas banget, matahari tepat di atas kepala, selain itu jadi waktu istirahat kurang karena berkegiatan dari jam lima pagi dan nungguin isya jam 11 malem baru bisa tidur, yaaa... tau sendiri saya kalo nempel bantal juga tidur, ga nyampe jam 9 biasanya udah ga ada suaranya, KECUALI kalo nonton bola, hehe... entah kenapa mungkin karena kebiasaan SD nonton bola malem2, saya pasti terjaga kalo diniatin nonton bola,,

Balik lagi ke Istanbul, saya akhirnya dikasi Paracetamol sama sodaranya Pak Omer, hmmm siapa yaa namanya lupa, pokoknya abla ini juga tinggal dan kuliah di depok deh, hehe... saya pernah kok nganterin ade saya masuk asrama dan ketemu abla ini, dan kerenanya dia fasih sekali berbahasa Indonesia... dia khawatir karena besoknya kami akan meninggalkan Istanbul dan memulai perjalanan ke BURSA :)

check out dari Otel Fuar, kami bergerak ke Bursa dengan tentu saja disetirin Ferhat Abi yang ga bisa bahasa Indonesia atau Inggris (ribet deh kalo ngomong sama dia cuma bisa ngitung, terimakasih dan nunjuk2 karena bahasa turki kami juga payah, haha) perjalanan Eropa-Asia ini cukup menyenangkan, karena si ferhat abi ga berenti ngoceh dalam bahasa Turki yang sama sekali saya ga paham, hehe... Piss abi.. :p dan karena saya kali ini kebagian duduk di depan (maklum posisi di dalem mobil terus diundi biar punggung gak sakit), saya kena angin sepoi2 dan akhirnya tertidur dengan pulasnya di jalan, haha *dimana menyenangkannya yaa? hehe*

sampe Bursa tengah malem daaaan, punggung sakit semua, hahaha... yah, namanya juga jalan2 dinikmati sajaaa :) kami check inidi sebuah hotel (lagi2 lupa namanya) terus tidur pules sampe pagi, hehe...

keesokan harinya di Bursa kita BELANJA, haha... tentu saja, karena lusanya kita mau piknik di Uludag, jadilah ade saya beli sepatu buat trekking dan saya karena sudah yakin pake sepatu super cozy, saya jadinya cuma beli oleh2 buat mama: baju gamis pajang rajutan, tea set khas arabian, tas2 yang lucu-lucu, macam2 hiasan, pashmina- jilbab- sajadah, dan lain2, (snowglobe turki udah dibeli di miniaturk, ini paling penting!!) sekalian makanan buat piknik keesokan harinya, saya sebenernya jg pengen beli karpet, tapii... kok repot ya masukin pesawatnya... (hal yang kemudian saya sesali, kenapa ga dipaketin aja --__-- ternyata si papa berhasil memaketkan jam dari jerman; jerman-turki kan gak jauh :'( )dan sungguh di Bursa ini jauh lebih adem di Bandingkan Istanbul, kalo kata fatma abla, bursa ini kota wisata yaaa, ga jauh bedalah sama Bandung, hooo...

setelah berbelanja2 seharian dan sholat di masjid, emm apa yaaaa, lupa, pokoknya masjid kecil di Bursa, saya yang belum pake jilbab disodorin kain buat menutup kepala, ga jauh beda sama masjid jami di kuala lumpur (nah, pas lagi di masjid jami, karena saya sedang sholat dan bawa mukena, jadi pake mukena) kalo di bursa ini, karena saya belom pake jilbab juga sedang tidak sholat, jadilah terpaksa penutup kepala kain itu yang saya pake.. Note: cami dengan c yang punya ekor dibahnya (dibaca jami) dalam bahasa turki artinya adalah masjid, jadi saya agak bingung dengan jami versi Indonesia atau malaysia yang mengikuti kata masjid (mungkin kalo disini artinya sama kayak agung kali yah)

hari itu kemudian ditutup dengan berziarah ke makam nabi Yusa, dan berkeliling kota Bursa... agak aneh kali yaa ngeliat muka2 indonesia (walaupun saya selalu ditebak berasal dari Arab Saudi --__--) disini, ga sedikit tiba2 ada penduduk lokal yang minta foto sama kami termasuk anak2 muda, dan anak2 kecil (kok kayak badut yaah, diajakin foto melulu ;p)

next day, yuhuuuu trekking dan piknik!!
Uludag atau dulu terkenal dengan Mt Olympus ini sangat terkenal dengan ski resortnya (note it: ketika WINTER) karena merupakan daerah tertinggi di area Marmara, jadi ketika summer ngapain? yaaa... itulah camping dan trekking, kami dianter Ferhat abi sampe daerah yang seharusnya jadi daerah cable car buat main ski terus kami mendaki bukit2 yang seharusnya ada saljunya, hiks (belom pernah liat salju asli), dipandu oleh Yusuf abi, temen Pak Omer yang ada di Bursa (yang lumayan ganteng, hehe) kami menemukan, tebaaak apa?? GLETSER (glasier)!! ternyata glasier ga cuma ada di kutub, di semua pegunungan tinggi di eropa rata2 puncaknya tertutup glasier!

Sejam lebih kami main di sisa-sisa salju yang abadi itu, dari lempar-lemparan salju ampe perosotan sampe saljunya berubah warna jadi coklat, haha,, gak lupa foto-foto dan nyebur sungai super dingin, gak nyebur juga sih, bisa menggigil di tempat, hahaha... terus setelah cuaca uda agak mendung kami bergerak ke tempat yang biasa dibuat kemping, mau barbeque-an. Saya berniat ngebantu Fatma abla nyiapin ayamnya, dan dengan niat mau nyuci ayam-ayam yang udah mau disiapin buat barbeque-an itu, saya buka keran... dan oh my GOD, rasanya tangan saya kaya abis ditusuk-tusuk pake pisau, asli sakit dan dingin banget, dan seketika langsung biru --__-- karena gengsi, masa gitu aja kalah sama fatma abla, akhirnya saya nahan sakit kena air super dingin itu dan tetap nyuci si ayam, errr...

So far, Uludag adalah tempat terkeren di dunia yang pernah saya datengin, suerr keren abis, n that was my 1st snow experience jadi kerennya berlipat-lipat deh! oiya gak lupa juga foto di batu pinggir jurang bertuliskan seni seviyorum; konon pasangan yang foto disitu abadi, weleh, gak dmana2 legenda memang selalu ada. disana juga ada pohon terbesar di dunia yang masuk world record!

Balik Ke Istanbul kali ini kami pergi menjelajah Hagia Sophia/ Ayasofya yang dulu sempat merupakan gereja megah, kemudian berganti menjadi masjid megah, dan sekarang jadi museum di Istanbul. pas kami kesana masih dalam tahap reformasi, sumpah megah abis. disana angit-langitnya super keren dengan tiang-tiang yang gagah. Interiornya super! belum ditambah adanya mosaic-mosaic gambar-gambar beraroma christian, dan ada pintu ka'bah juga. keren abis arsitekturnya! selanjutnya kita ke Obelisk of Theodosius, yang merupakan obelisk dari zaman Mesir kuno dari Pharaoh Tutmoses III di Hippodrome of Constantinople sekarang ini disebut sebagai At Meydanı atau Sultanahmet Meydanı.

Hari berikutnya merupakan hari terakhir di Istanbul, dan kita mengunjungi dari Grand Bazaaar, cari oleh-oleh sampe digodain terus sama yang jualan --__-- terus ke halaman Istanbul University, main-main di taman kotanya Istanbul, pokoknya city tour aja keliling kota, pulangnya mampir ke rumah temen fatma abla di istanbul, terus ketemu Irina, anak Rumania yang lagi homestay disana :)

Keesokan harinya, kami ke Attaturk International Airport, siap mengejar pesawat menuju Kuala Lumpur dan berlari-lari di KLIA mengejar pesawat ke Jakarta. 8 days in Turkey, what a journey!

anak-anak Turki yang minta foto bareng kita